Menggunakan Fitur Quick Masking Pada Adobe Photoshop


Mode Quick Mask adalah salah satu cara yang tercepat dalam penyeleksian suatu gambar atau objek di Photoshop. Proses ini merupakan proses pemilihan gambar yang bekerja berdasarkan pada penutupan bagian pada gambar yang diinginkan. Proses dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit dan mempunyai pemilihan yang akurat. Berikut akan kita bahas cara menggunakan fitur Quick Masking pada Adobe Photoshop :

1. Langkah pertama, kita mulai dengan membuka sebuah gambar dalam Photoshop. Saya Sarankan untuk memilih gambar yang memiliki banyak warna. 13 2. Pada Jendela toolbox, kita akan menemukan sebuah tombol di posisi kedua paling bawah yaitu tombol Quick Mask Mode. Jika tombol tersebut di klik, artinya Quick Mask Mode On, jika di klik lagi, artinya Quick Mask Mode Off (Standard Selection Mode On).

standardmode3

quickmaskmode5

3. Sebelum melanjutkan, double klik pada tombol Quick Mask Mode, akan muncul sebuah dialog box. Klik option button “selected areas”, artinya gambar yang akan kita ubah warnanya adalah gambar yang kita blok (select). Ubah warna dan opacity bila perlu.

4

4. Untuk melanjutkan, pastikan mode Quick Mask dimatikan (Standard Selection Mode On).

5. Gunakan Magic Wand Tool dengan tolerancy=32. Klik area mana yang akan kita lakukan Quick Mask. Kita juga bisa memperbesar area dengan cara tahan shift kemudian klik area.

2

6. Aktifkan Quick Mask Mode dengan cara klik tombol Quick Mask Mode. Area pada gambar yang kita pilih tadi akan berubah warna.

3

7. Jika ada area yang ingin kita tambahkan atau kurangi secara manual, gunakan Brush Tool. Untuk menambahkan area, aktifkan warna foreground (defaut=hitam, Jangan diubah). Untuk mengurangi area, aktifkan warna background (default=putih, jangan diubah juga). Untuk area berukuran kecil, perkecil juga ukuran brush.

8. Jika sudah selesai, matikan mode Quick Mask. Warna gambar akan kembali seperti semula.

9. Kita juga bisa menggunakan effect atau filter lain pada area yang dipilih, atau bahkan dipindahkan ke dalam gambar lain. Contohnya, saya menggunakan effect Desaturate (Menu Image -> Adjustment -> Desaturate). Gambarnya akan jadi seperti ini :

5

10. Kini kembalilah lagi mengaktifkan “Edit in Standard Mode”. Gambar yang kita seleksi tadi dapat kita edit dengan sesuka hati, bahkan jika ingin dipindahkan ke file yang lain juga bisa.

6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s