What is “Portofolio” ??


1)    Pengertian

  1. Menurut Erman S. A. (2003) dalam Nahadi dan Cartono (2007), secara etimologi, portofolio berasal dari dua kata, yaitu port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Jadi portofolio berarti laporan lengkap tentang segala aktivitas yang dilakukan seseorang.
  2. Menurut Paulson (1991) dalam Nahadi dan Cartono (2007) mendefinisikan portofolio sebagai kumpulan pekerjaan siswa yang menunjukan usaha, perkembangan dan kecakapan mereka dalam satu bidang atau lebih. Kumpulan itu harus mencakup partisipasi siswa dalam seleksi isi, kriteria seleksi, kriteria penilaian dan bukti refleksi diri.
  3. Menurut Airasian (dalam Ratumanan, 2003: 80) portofolio lebih dari sekedar folder penyimpanan hasil karya siswa. Portofolio berisi sampel terpilih dari karya siswa untuk memperlihatkan perkembangan dan pertumbuhan siswa dalam mencapai tujuan kurikulum tertentu.

Jadi, portofolio merupakan kumpulan hasil karya seorang siswa atau kelompok siswa, bukti prestasi, keterampilan, dan sikap siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Portofolio dapat menampilkan pekerjaan terdahulu dan pekerjaan terbaru sehingga mengilustrasikan kemajuan belajar siswa.

2)    Karakteristik

         Portofolio

  • Sebagai benda fisik (bundle atau dokumen)
  • Sebagai suatu proses social
  • Sebagai adjective (Pembelajaran portofolio, assesmen portofolio)

Portofolio dapat diartikan sebagai suatu wujud benda fisik, sebagai suatu proses sosial pedagogis, maupun sebagai ajektif. Sebagai suatu wujud benda fisik portofolio adalah bundel, yaitu kumpulan atau dokumentasi hasil pekerjaan peserta didik yang disimpan pada suatu bundel. Misalnya hasil tes awal (pre-test), tugas, catatan anekdot, piagam penghargaan, keterangan melaksanakan tugas terstruktur, hasil tes akhir (post-test) dan sebagainya. Sebagai suatu proses sosial pedagogis, portofolio adalah collection of learning experience yang terdapat di dalam pikiran peserta didik baik yang berwujud pengetahuan (kognitif), keterampilan (skill), maupun sikap (afektif). Adapun sebagai suatu ajektif portofolio seringkali dihubungkan dengan konsep pembelajaran atau penilaian yang dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis portofolio atau penilaian berbasis portofolio.

 Hal yang perlu diperhatikan :

  • penentuan isi (entri) portofolio melibatkan partisipasi siswa
  • entri portofolio memiliki kriteria yang jelas
  • penilaian/pertimbangan sesuai dengan tujuan
  • merupakan bukti dari refleksi-diri (self-reflection) siswa

Mengapa Menggunakan Portofolio?

  • mendorong siswa dalam self-directed learning
  • memperdalam/memperjelas objek yang dipelajari siswa
  • memfasilitasi siswa belajar
  • menunjukkan progres dari suatu pencapaian tujuan
  • menciptakan interseksi antara pembelajaran dan asesmen
  • memberi kesempatan siswa berlatih menilai diri sendiri (self-assessment)
  • memberi kesempatan siswa untuk berkembang melalui dorongan teman

Karakteristik Portofolio

  • On-going dan berkelanjutan
  • Multidimensional
  • Refleksi kolaboratif

Umumnya Portofolio menekankan pada :

  • Refleksi hasil belajar
  • Pembelajaran berbasis kinerja dan pengalaman siswa
  • Sampel pekerjaan siswa yang diperoleh melalui proses pengembangan kemampuan dalam jangka waktu tertentu.
  • Beragam pekerjaan siswa dari berbagai kegiatan
  • Sampel pekerjaan siswa dievaluasi oleh siswa, teman sebaya, guru, atau reaksi dari orang tua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s