Indahnya Negeriku Dalam Bingkai Nusantara


 Nusantara merupakan sebutan tersehor untuk negeriku nan elok Indonesia. Mengapa demikian? Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ±17.000 pulau berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang sejak jaman dahulu sudah termasyur kekayaan alamnya. Maka dari itulah Indonesia bak memiliki magnet bagi kaum penjajah untuk menjajah negeri kita. Sekarang 70 tahun sudah Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan. Tak ada lagi yang namanya kerja paksa atau kerja rodi ala Belanda dan Jepang. Sekarang sudah saatnya kita melaksanakan slogan “Ayo Kerja!” yang selalu didengung-dengunkan pemerintah. Bukan hanya sebatas omongan saja, tetapi kerja nyata yang dibutuhkan Indonesia.

         Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bekerjasama dengan berbagai instansi pun tak mau ketinggalan melaksanakan instruksi “Ayo Kerja!” melalui salah satu program kerjanya yakni program Kapal Pemuda Nusantara (KPN). KPN merupakan sebuah program yang dikomandoi Kemenpora RI dengan menggandeng pemuda-pemuda dari seluruh Indonesia untuk diajak mengenal dan mengunjungi potensi maritim atau bahari yang dimiliki Indonesia. Para pemuda perwakilan 34 provinsi Indonesia berkumpul dalam satu wadah acara yaitu KPN dalam Sail Tomini 2015. Dalam benak saya berpikir, untuk mengenalkan dan menanamkan cinta bahari Indonesia mengapa tak semua pemuda yang diajak? Saya teringat akan pesan Bung Karno yang menyebutkan bahwa “Berikan aku 10 pemuda, kan ku guncangkan dunia”. Pesan apakah yang terkandung dalam perkataan Soekarno tadi? Itu  mengandung makna bahwa cukup perwakilan pemuda dari seluruh provinsi saja yang dipilih, tetapi nantinya duta-duta masing-masing provinsilah yang akan meng-influence ke pemuda lainnya. Saya juga percaya akan the strongness of youth can change the world. Selain itu, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, everything is possible.

       Dalam acara KPN 2015 kali ini, kami para pemuda diajak mengunjungi beberapa destinasi diantaranya Jakarta – Kotabaru – Siau – Tahuna – Melonguane – Ternate – Parigi Moutong – Muna – Jakarta. Pelayaran kali ini menggunakan KRI Teluk Bintuni 520 yang baru launching beberapa bulan sebelumnya. Saya sangat senang bisa berlayar perdana bersama dengan KRI kebanggaan Indonesia. KRI ini merupakan hasil karya anak-anak bangsa sendiri, hebat bukan? Tak henti-hentinya saya mengucap syukur karena bisa terpilih untuk ikut berlayar bersama pemuda nusantara lainnya. Banyak cerita dan pengalaman yang saya bisa dapatkan selama 30 hari berlayar bersama. Pengalaman baik maupun buruk semua bercampur menjadi satu dalam album nusantaraku yang kan slalu terukir manis dalam benak dan pikiran setiap insan pemuda KPN 2015.

AAAA
Berfoto bersama pemuda seluruh Indonesia dan pemuda ASEAN

 

         Pelayaran mengelilingi beberapa destinasi di Indonesia membuat saya sadar bahwa Indonesia itu indah. KPN memberikan saya banyak cerita, mulai dari cerita pertama kalinya bisa melihat paus secara langsung di alam bebas sampai pengalaman melihat gunung api yang selalu mengeluarkan laharnya walaupun tidak sedang meletus, sampai pengalaman terkena bulu babi pun pernah saya alami. Namun, pengalaman yang buruk-buruk sudah terbayar lunas oleh eksotisme Indonesia yang sungguh menawan. Walau hanya mengunjungi enam provinsi dari 34 provinsi di Indonesia diantaranya Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Jakarta tetapi bingkai nusantara yang sesungguhnya adalah para pemuda perwakilan masing-masing daerah. Sungguh suatu kesempatan berharga dapat berkenalan dan bertukar ide bersama pemuda-pemuda bangsa ini. Dalam senyum nusantara, saya melihat masa depan Indonesia. Tak dipungkiri bahwa wajah, senyuman, adat istiadat mereka mencerminkan nusantara yang sesungguhnya, yakni Bhineka Tunggal Ika. Walaupun kami berbeda, tetapi tujuan tetap satu demi Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s